Cerita 17 Pilar Negara





PANCA SILA SEBAGAI PILAR NEGARA

Negara itu ibarat sebuah bangunan. Haruslah kokoh agar tidak mudah goyah oleh hembusan angin, badai sekalipun. Agar tidak mudah roboh oleh gempuran ombak, Tsunami sekalipun. Oleh karena itu, negara harus dibangun dengan dasar yang sungguh kuat.
Indonesia adalah sebuah negara yang berdiri di atas landasan laut dan pulau-pulau. Di dalamnya ada berbagai keragaman suku, budaya, Bahasa, dan adat-istiadat. Keberagaman yang mendatangkan potensi,- potensi untuk menjadi besar, bisa juga sebuah potensi untuk terpecah dan tercabik-cabik.
Sejak awal, para pendahulu bangsa menyadari betapa Indonesia,-yang dahulunya dikenal sebagai Nusantara, adalah bangsa yang berwarna. Paduan pelangi yang indah! Mozaik yang gemerlap oleh cahaya mentari katulistiwa. Agar pelangi ini tetap berbinar, haruslah dijaga dengan rasa kebersamaan nan ikhlas. Saling menghargai, saling menghormati, dan saling merangkul sebagai sebuah keluarga besar. Bukan lagi sebagi aku, bukan lagi sebagai kamu, tetapi sebagai kita bersama.
Sebagai mana bangunan monumental, pilar-pilar keberagaman Nusantara adalah tiang penyangga. Setiap pilar itu dieratkan oleh sebuah nilai kehidupan yang diyakini oleh seluruh penghuni negara. Nilai yang dikristalisasi dari jiwa bangsa nusantara, menjadi bangunan megah bernama Indonesia. Ada Lima pilar utama yang telah menyangga gagah bangunan negara Indonesia. Pilar itu dikenal sebagai Pancasila. (Vic).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL