P-U-A-S-A

 

Pelaksanaan pemilu presiden dan pemilu legislatif baru saja selesai digelar. Dan kini ibadah puasa bagi saudara muslim pada bulan Ramadhan dimulai. Sementara itu, hari puasa dan pantang telah dilaksanakan oleh saudara-saudara yang beragama katolik untuk menyambut datangnya hari Paskah. Semoga pelaksanaan ibadah puasa ini semakin membuat setiap pribadi semakin bertaqwa kepada Sang Illahi, serta menjadi pribadi dan penuh peduli, toleran, dan berbelarasa.

Upaya setiap orang untuk menjadi pribadi yang semakin baik perlu dihormati. Hendaknya saling menghormati, baik yang sedang berpuasa maupun yang sedang tidak berpuasa. Orang yang sedang berpuasa memiliki hak untuk menjalankan ibadahnya dengan baik. Orang-orang di sekitarnya harus memberi ruang baginya untuk berpuasa dengan khusuk. Hendaknya tidak memberikan godaan baginya agar membatalkan puasa. Demikian juga orang yang tidak puasa memiliki hak untuk mendapatkan makanan secukupnya. Yang sedang berpuasa juga harus memberikan ruang baginya untuk makan dan minum secara wajar.

Adalah hal yang sangat baik apabila setiap orang mengedepankan toleransi, saling menghormati, dan saling mendukung agar kehidupan bermasyarakat ini tenteram dan kondusif. Hendaknya setiap orang mengedepankan rasa kekeluargaan tanpa memandang perbedaan keyakinan, tingkat sosial-ekonomi, suku dan golongan, atau ada perbedaan pilihan politik, entah nyoblos 01, nyoblos 02, atau nyoblos 03. Kita adalah saudara yang Bhineka Tunggal Ika tan Hana Dharma Mangrua!

Selamat menjalankan ibadah puasa. Selamat merayakan hari Nyepi, Selamat merayakan Paskah. Semoga tidak ada hal-hal yang membuat gaduh dan celaka sesama. Kita semua perlu menyadari bahwa Tuhan mencipta makhluknya berbeda-beda agar dunia dan kehidupan ini pernuh warna dan keindahan.

Amalkan ajaran keyakinan dengan penuh kesadaran dan kekhusukan. Bakarlah kesombongan dan keserakahan, dan nafsu merendahkan pihak lain. Tuhan senantiasa memberkati kita semua. Amin!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL