ADU KETANGKASAN

 



Adu domba Garut merupakan salah satu tradisi yang populer di daerah Garut, Jawa Barat. Tradisi ini adalah ajang adu kekuatan dan keberanian domba melalui sebuah pertarungan. Dalam pertarungan dua hewan itu, diiringi juga oleh musik dan komentator.  Seni adu domba Garut merupakan atraksi wisata yang digelar dalam acara-acara tertentu, terutama pada bulan Juni, Agustus, dan Desember di Desa Ngamplang, Cangkuang, dan Ranca Bango, Kabupaten Garut.

Peristiwa sejenis juga terjadi di tempat nun jauh di sana, tepatnya di negeri para matador. Namun pertarungannya bukan adu ketangkasan domba seperti di Garut, melainkan adu ketangkasan seorang matador melawan seekor banteng jantan. Dalam pertarungannya, seorang matador dipersenjatai pedang tajam untuk ditusukkan saat seekor banteng menyeruduknya. Sambil berkelit, matador menusukkan pedang tajamnya ke tubuh banteng. Akibatnya, banteng tersebut roboh dan mati. Walau kadang seorang matador juga apes keseruduk banteng.

Sebuah peristiwa sedang terjadi di negeri,-bumi pertiwi: Indonesia. Saat ini sedang terjadi adu ketangkasan menyerupai adu domba Garut, atau bisa juga dapat dikatakan adu banteng dengan matador di sebuah arena yang dinamakan Mahkamah Konstitusi perihal hasil pemilu 2024. Di arena inilah pemenangnya akan segera ditentukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL