ETIKET & ETIKA

 

Dalam kehidupan sehari-hari terdapat dua buah kata yang mirip dan sering dianggap sama dalam penerapan, walau sebenarnya dua buah kata itu berbeda pengertiannya. Kata yang dimaksud adalah etiket dan etika.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dijelaskan bahwa etiket adalah tata cara (adat sopan santun, dan sebagainya) dalam masyarakat beradab dalam memelihara hubungan baik antara sesama manusia. Sedangkan etika sendiri didefinisikan sebagai ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak).

Dari pengertian etiket dan etika menurut KBBI, dapat dijelaskan bahwa secara umum etiket merupakan tata cara melakukan sopan santun, baik berupa aturan tertulis maupun aturan yang tidak tertulis. Misalnya di sebuah lembaga terpampang slogan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun). Sedangkan etika adalah penerapan langsung wujud dari sopan santun tersebut. Dalam hal slogan 5S tersebut, etika diwujudkan dalam tindakan nyata yang menunjukkan bahwa komunitas dalam lembaga dengan slogan 5 S itu senantiasa ramah dan sopan pada sesama tidak memandang siapa yang dijumpainya, saling tegur sapa secara sopan, dan santun dalam bertindak.

Masalahnya adalah bahwa setiap orang mengerti dan paham arti etiket. Etiket sudah diperoleh sejak kecil, atau sering didengarkan dari orang-orang bijak, misalnya dari guru, orang tua, atau tokoh-tokoh masyarakat. Namun, tidak semua orang mau melaksanakan apa yang telah dipahaminya. Terasa teramat sulit untuk menegakkan etika. Sampai-sampai seorang tokoh kaliber nasional yang nyeletuk,”etika ndasmu!”

Jadi perihal etika hendaknya tidak hanya omdo (omon-omon doang), masih sekedar artefak budaya belum sampai fase mengamalkan budaya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL