WARNA BENDERA

KEBALIK, ARTINYA BEDA



Bendera adalah simbol keberadaan suatu bangsa dan negara yang berdaulat. Setiap bangsa memiliki bendera dengan warna dan atau gambar yang berbeda-beda. Warna dan gambar pada bendera suatu bangsa tentunya memiliki spirit yang dijunjung tinggi oleh bangsa tersebut, tidak terkecuali Bendera Merah Putih milik bangsa Indonesia. Merah adalah berani,-berani berjuang sampai titik darah penghabisan, dilandasi warna Putih yang melambangkan kesucian,- niat suci bangsa Indonesia untuk mempertahankan identitas bangsa.

Memang ada bendera yang warnanya sangat mirip dengan bendera Indonesia. Bangsa Polandia memiliki bendera yang warnanya sama, yaitu merah dan putih. Namun bendera bangsa Polandia adalah putih dan merah, yang tentunya memiliki arti tersendiri bagi bangsa Polandia. Bangsa Monaco memiliki bendera yang warnanya sama persis dengan bendera Indonesia,-Merah dan Putih. Tetapi berbeda dalam hal ukuran panjang dan lebarnya. Merah Putih Indonesia (2:3), Merah Putih Monaco (4:5). Selain ukuran, Indonesia dan Monaco memiliki sejarah yang berbeda. Bendera Indonesia merupakan warna bendera yang sudah digunakan sejak zaman kerajaan Majapahit (abad 13), sedang bendera Monaco digunakan oleh keluarga Grimaldi (Penguasa kerajaan Monaco, sejak 1881). Bangsa Polandia menggunakan warna putih merah untuk simbol kebangsaannya, yang semula merupakan gabungan dua simbol (Elang putih Polandia, dan kesatria Lituania berperisai merah).

Jadi, jika melihat kibaran bendera-bendera dua warna horizontal merah putih, yang satu merah-putih dan yang satu putih-merah, orang akan tahu kalau kedua bendera tersebut adalah simbol dua negara yang berbeda: Indonesia dan Polandia, atau Monaco dan Polandia. Lalu bagaimana membedakan itu Indonesia atau Monaco, lihatlah ukurannya. Jika lebar banding panjangnya 2:3 maka dipastikan itu adalah INDONESIA!.

Insiden kebaliknya warna bendera Indonesia di Sea Games 2017 di Malaysia, adalah kejadian yang patut di sayangkan. Menunjukkan ketidaktelitian, bahkan ketidakprofesionalan panitia penyelenggara sukan. Sekaligus menunjukkan mentalitas bangsa Indonesia. Protes kepada Malaysia? Harus! Namun hendaknya dilakukan secara elegan, sekaligus menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar dan sopan sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia.

Insiden kebaliknya warna bendera di sukan Sea Games 2017 sekaligus sebagai pembelajaran kepada bangsa Indonesia sendiri, bahwa bendera Indonesia masih berwarna Merah (di atas) dan Putih (di bawah). Sebab di kalangan bangsa Indonesia sendiri masih ada yang mengibarkan bendera secara terbalik, bahkan oleh sebuah organisasi sekelas partai politik. (Walaupun sudah dikatakan, itu terjadi dengan tidak sengaja???).

Inilah bendera-bendera yang memiliki warna yang sama, tetapi berbeda. Cermati mana bendera INDONESIA!

 
Salam Merdeka.
Vic-2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL