THIS IS GURU

 SEHARUSNYA SOSOK GURU

Guru adalah sosok yang sangat vital perannya dalam proses pembentukan karakter sebuah bangsa. Tidak terkecuali guru di Indonesia. Guru adalah pribadi yang bisa diguru dan ditiru. Intinya, guru adalah teladan bagi para murid, bahkan teladan bagi masyarakatnya!

Berbeda dengan guru tempo dahulu, guru jaman sekarang hidup dan berjuang di jaman digital. Jaman digital adalah jaman serba kemudahan mengakses segala jenis informasi, bisa informasi bijak, bisa juga informasi yang menyesatkan. Dalam perannya, guru seharusnya mampu menjembatani perilaku murid untuk bijak menyikapi keadaan hidup di dunia dengan alat digital yang semakin canggih.

Masalahnya, tidak semua guru mampu menjadi sosok yang digugu dan ditiru. Ada guru yang justru tersesat dengan alat digital di tangannya. Guru demikian rupanya gagu, dan tidak mengerti bahwa dunia digital bisa menjadi hantu perusak moral bangsa, termasuk merusak moral guru itu sendiri.

Dunia digital salah satunya menyediakan sarana pergaulan, dunia medsos. Guru yang bijak akan menggunakan medsos untuk memberi pandidikan moral, dan tanggungjawab pada para muridnya. Tetapi guru gagu justru menggunakan medsos untuk memberikan tindakan leceh yang sungguh merusak citra guru. Sayang sekali.

Guru yang gagu sebaiknya segera melakukan evaluasi diri. Jika tidak mampu menjadi guru dengan segala atribut digugu dan ditiru, sebaiknya dengan rendah hati melepaskan sosok guru dari dirinya, dan segera melapor diri ke pihak berwajib untuk dibina sebagai narapidana.

Ayolah. This  is "guru", not for a criminal , but a wise man.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL