PEMUDA HARAPAN

PASKIBRAKA

Terlihat wajah-wajah sumringah berwibawa berbaris tegap di dalam ruangan Balai Agung, di Balai Kota Jakarta. Mereka adalah calon-calon Paskibraka DKI Jakarta yang akan dikukuhkan oleh pak gubernur Djarot. Tepat pukul 09.00 WIB gubernur memasuki ruangan untuk memimpin upacara pengukuhan. Sesaat kemudian para calon paskibraka mengucapkan janji setia dengan suara mantap dan lantang:

Aku berjanji...
Setia pada Negara Kesatuan Republik Indonesia...
Setia pada Pancasila dan UUD 1945...

Aku berjanji...
menghargai kebhinnekaan Indonesia...
menjadi pembela bangsa dan negara
menolak segala perbuatan yang mengancam keutuhan negara
menolak segala perbuatan yang merongrong Pancasila
menjadi suri tauladan bagi sesama

Menyambut janji setia para muda itu, gubernur menyampaikan pesan-pesan ideal bagi para muda.
"Kalian adalah para pejuang bangsa. Kalian telah terpilih dari ratusan peserta seleksi paskibra. Namun, janganlah berhenti pada rasa bangga telah terpilih menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera ini. Karena mulai saat ini justru perjuangan harus kalian lakukan untuk menjadi patriot-patriot pembela bangsa dan negara yang berPancasila. Kibarkanlah sang merah putih, bukan saja megah di udara, tetapi kibarkanlah sang merah putih di dalam jiwa. Sebab merah-putihlah yang membedakan kalian dari pemuda-pemuda negara lain!"

Tak lupa, Pak Gubernur menitipkan pesan kepada dua orang muda Jakarta yang terpilih menjadi paskibraka nasional. Kabarkanlah kepada seluruh perwakilan paskibraka dari seluruh penjuru Indonesia, bahwa pemuda Jakarta siap menjadi patriot bangsa yang mencintai NKRI dan Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa!

Merdeka!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL