AYO BANGKIT

AYO, SEGERA BANGKIT

Siapapun bisa jatuh, terjerembab bahkan. Keadaan yang menyebabkan seseorang atau kelompok orang mengalami penderitaan. Untuk mengatasi itu diperlukan usaha bahkan usaha keras untuk segera bangkit. Sebuah usaha yang memerlukan segala daya upaya, pikiran dan tenaga.

Bangsa kita, bangsa Indonesia, adalah bangsa yang terus mengalami pasang surut. Sejarah mencatat betapa perubahan situasi dari proses menuju kebesaran, lalu mengalami keterpurukan, hingga sejarah kelam bangsa kita yang harus mengalami penjajahan sekian abad lamanya. Majapahit pernah besar. Sriwijaya pernah jaya. Tetapi juga mengalami kehancuran.

Sejarah mencatat pula, kejatuhan bangsa kita dari dahulu adalah karena pecahnya persatuan. Maraknya perselisihan kekuasaan, dan perang saudara. Keadaan itu pula yang mempermudah para penjajah mencengkeramkan kuku kejinya atas sumber daya alam dan manusia di Nusantara kita ini.

Indonesia Ayo Bangkit! Setelah perjuangan para pendahulu kita sedemikian heroik, mengorbankan apa saja demi bangsa dan berdirinya Indonesia, Bangsa kita terus berupaya mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa lain di seluruh dunia. Tetapi rupanya, nafsu untuk saling berkuasa, dan bibit-bibit persang saudara masih ada. Apakah nasib bangsa ini akan kembali seperti dahulu lagi? Terbelenggu dan terjajah kembali? Ingat, hanya bangsa keledai yang mau terperosok kembali!

Indonesia, ayo bangkit. Bangkitkanlah hal-hal yang baik. Rasa persaudaraan, rasa kepedulian, semangat persatuan, rasa keadilan sosial, kebebasan beriman.

Pengalaman-pengalaman buruk  di masa lalu jangan diulangi lagi. Biarlah kepahitan itu terpendam dalam-dalam. Hilangkan trauma masa lalu. Indonesia adalah negara di masa depan!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL