INDONESIA HEBAT

INDONESIA?
HEBAT!!!

Banyak ahli meyakini bahwa kualitas pendidikan di Finlandia adalah pendidikan yang terbaik. Negeri kecil di bagian utara bumi itu berhasil mengubah capaian mutu pendidikan yang mengagumkan, dari semula pendidikan antah barantah menjadi pendidikan yang mengalahkan Amerika, Jerman, Jepang, dan banyak negara maju. Negara-negara maju itu kalah secara mentah-mentah. Yak, Finlandia berhasil menggunguli siapapun!

Setiap murid di Finlandia belajar dengan gembira...
setiap harinya tidak perlu berlama-lama berkutat di dalam kelas untuk tersiksa...
dan setiap harinya murid di sana selalu ceria, dan bicara 3 sampai empat bahasa. Sungguh Luar biasa!

Bagaimana di Indonesia?
Entah sudah berapa kali kurikulum terus diganti?
Sampai-sampai guru terkencing-kencing sambil berlari, untuk bisa mencapai target yang ditetapkan di berbagai kurikulum negeri ini?

Tetapi benarkah pendidikan di Indonesia itu tidak bermutu?
Tengohlah sejarah:
1. Hanya lulusan Sekolah Rakyat, toh Adam Malik bisa menjadi menteri Luar Negeri, bahkan di kemudian hari menjadi seorang wakil presiden?
2. Lihatlah, betapa hebatnya Ibu Susi menjadi seorang menteri kelautan Indonesia? Dia mampu menjaga laut Indonesia hampir sempurna. Kapal-kapal pencuri sampai harus mengendap di dasar lautan yang dingin! Pada hal Ibu Susi hanyalah seorang lulusan Sekolah Menengah Pertama, dan drop out dari SLTA!
3. Camkan, bahwa seorang Jokowi hanyalah lulusan Mahasiswa S1. Tetapi sepak terjangnya sungguh luar biasa sebagai seorang presiden RI. Mampu meluncur dari Sabang sampai ke pelosok Papua!
4.Perlu dicatat dalam benak kita, siapa yang membangun Candi Prambanan dan Candi Borobudur? Bangunan megah dan eksotik itu dibangun oleh leluhur bangsa Indonesia! Hebatnya, bangunan bersejarah itu dibangun dari ribuan blok batu alam yang sangat kuat dan keras. (Bagaimana caranya mengangkat batu-batu itu sampai pada bagian puncak Candi?). Para leluhur kita itu nyatanya memiliki dan menguasai teknologi yang luar biasa.  Dan gen demikian itu diwariskan kepada anak-cucunya sekarang. Leluhur kita itu barang kali tidak bersekolah,apalagi sekolah sampai negerinya paman Sam leluhur pak Donald Trump,  karena pasti jaman itu tidak ada sekolah semacam sekarang.

Jadi...
Sebenarnya Indonesia adalah bangsa hebat! Tinggal sekarang harus mau menengok sejarah bahwa kita adalah keturunan bangsa hebat! Jangan sampai hanya berkutat tentang perbedaan yang menyedot habis energi hebat, dan menyisakan keterpurukan!

Indonesia adalah negeri hebat...
Indonesia adalah bangsa hebat....
Merah putih adalah hebat....
Bhinneka Tunggal Ika masih hebat...
dan akan tetap hebat!
Pasti hebat sepanjang bangsa ini tetap ingin hebat!

Salam:
Vic-2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL