INDONESIA MERAH-PUTIH

INDOENSIA MERAH-PUTIH



Setiap kali memasuki bulan Agustus, setiap kali pula saya kagum pada bangsa kita, INDONESIA.
Betapa tidak kagum? Setiap memasuki bulan Agustus, bangsa INDOENSIA selalu gegap gempita menyambut peringatan Hari Kemerdekaan. Diberbagai tempat, kantor-kantor pemerintah, kantaor-kantor swasta, sampai RT/RW masyarakat menghias lingkungan, jalan-jalan, dengan berbagai atribut dan penuh warna: Merah-Putih.

Hebat!
Sejenak melupakan beban berat kehidupan. Sejenak meminggirkan segenap kepentingan pribadi. Semuanya untuk kebersamaan!
Sekali lagi, Hebat!

Ya, kemerdekaan adalah hak setiap bangsa. Bangsa Indonesia berhak atas kemerdekaannya! Merdeka dari cengekraman penjajah yang telah menancapkan kuku kejamnya selama 350 tahun.
Wow! Penjajahan yang begitu lama? Entah karena penjajah yang kuat, atau karena bangsa kita saat itu tidak berdaya? Namun, karena kesadaranan akan hak kemerdekaan itulah, mulailah perjuangan secara nasional dikumandangkan. Perjuangan secara simultan, secara fisik-berperang, secara spiritual-berdoa mohon pertolongan Allah Yang Maha ESa, dan secara diplomasi dari para pemimpin negeri. Akhirnya KEMERDEKAAN INDONESIA dikumandangkan ke se-antero dunia, 17 Agustus 1945.

Kini sudah 72 tahun MERDEKA. Ada sekelumit kemunduran dari sekelompok anak bangsa yang lupa akan nilai perjuangan pada leluhur dan pejuang yang telah mengorbankan segala kepunyaan. Di sana-sini terdengar berita ada yang LUPA bahwa Indonesia adalah Bhinneka Tunggal Ika. Ada yang lupa mengerti  bahwa Indonesia adalah ragam suku, agama, dan budaya. (Yang ini tentu TIDAK HEBAT).
Ayolah, di angka ke 72 ini Indonesia bangkit dari keterpurukan, semoga segera BANGKIT dan JAYA.
Sebab kita mesti yakin, bangsa Indonesia adalah HEBAT karena PERSATUAN dan KESATUAN, di atas pegangan bersama:

Merah Putih,
UUD 1945,
Pancasila,
Dan Wawasan Nusantara,
Serta Bhinneka Tunggal Ika.


Salam:
Vic-2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL