SUMPAH, INDONESIA!

SUMPAH, KAMI INDONESIA!

Siapa tidak pernah tahu adanya sumpah amukti palapa Gadjah Mada? Sumpah untuk menyatukan Nusantara di bawah kendali kerajaan Majapahit. Sumpah ksatria perkasa uyang membawa Majapahit sebagai negara yang besar dan berkuasa atas Nusantara.

Majapahit sudah tinggal kenangan. Hilang oleh jaman akibat tidak mampu lagi disatukan, akibat terjadinya perseteruan untuk sebuah kekuasaan sebuah golongan. Majapahit runtuh, dan Nusantara akhirnya jatuh ke tangan bangsa asng yang menjajah dengan serakah.

Waktu demi waktu, Nusantara tiarap dan terbelenggu. Hingga akhirnya sebuah masa terdengar pekik bersama: Kami Indonesia! Tanah air kami satu, bangsa kami satu, bahasa kami bahasa persatuan yang menyatukan bahasa-bahasa yang berbeda se antero Nusantara. Kini kami Indonesia!

Nusantara kini sudah menjadi sebuah negara berdaulat, oleh bangsa yang Bhinneka Tunggal Ika. Sumpah amukti palapa kini berwujud rasa bersatu!

Kami, pribumi. Kami adalah saudara yang senasib sejiwa. Jiwa kami adalah Indonesia. Jiwa kami adalah saling menghargai sesama. Jiwa kami penuh tenggang rasa.

Sumpah, kami Indonesia!


http://www.gurupendidikan.co.id/bhinneka-tunggal-ika-pengertian-fungsi-dan-makna-beserta-sejarahnya-secara-lengkap/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL