PRIBUMI

SIAPA PRIBUMI INDONESIA

Entah sejak kapan negeri Nusantara ini dihuni oleh manusia. Tidak ada seorangpun yang tahu pasti. Tetapi yang jelas, sekarang ini Nusantara dihuni oleh banyak suku bangsa, dari Aceh sampai Papua! Dengan demikian tidak ada yang tahu pasti, siapa yang menjadi penduduk pribumi di negeri Nusantara ini!

Nusantara kini sudah berganti nama sebagai Indonesia. Penduduknya masih tetap suku-suku bangsa, dari Aceh sampai Papua. Lalu siapa yang berhak mengklaim dirinya sebagai pribumi Indonesia? Tentunya itu adalah sebuah  pertanyaan yang sulit untuk dijawab dengan tegas dan pasti. Dan semestinya tidak perlu dijawab lagi, sebab Indonesia adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang penuh warna bagaikan pelangi yang begitu indah justru karena terdiri warna-warna yang saling melengkapi.

Apakah orang Jawa adalah pribumi Bumi? Ya!
Apakah orang Sumatera adalah pribumi Indonesia? Ya!
Apakah orang Kalimantan adalah pribumi Indonesia? Ya!
Apakah orang Sulawesi adalah pribumi Indonesia? Ya!
Apakah orang Maluku adalah pribumi Indonesia? Ya!
Apakah orang Papua adalah pribumi Indonesia? Ya!
Apakah semua suku di Nusantara yang juga Indonesia adalah pribumi Indonesia? Ya!
Lalu apakah penduduk Nusantara yang juga Indonesia dan nenek moyangnya mendatangi nusantara, hidup beranak-pinak lalu mencintai Indonesia adalah pribumi Indonesia? Ya!

......
Semua orang yang mencintai Indonesia, membangun Indonesia tanpa pamrih adalah orang-orang yang sebenarnya berhak menjadi pribumi Indonesia!

Apakah saya sudah mencintai dan siap membangun Indonesia sesuai dengan kapasitas dan panggilan hidup saya? Jika sudah, saya  juga berhak menyatakan "saya adalah pribumi Indonesia"!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL