PRIMORDIAL

PRIMORDIAL

Ada satu istilah yang saya kenal sewaktu belajar biologi : daun primordial. Istilah ini untuk menyebutkan masa perkembangan daun tumbuhan. Daun primordial merupakan calon daun yang sangat mudah rusak oleh faktor yang menekan padanya. Daun primordial memiliki sel-sel yang masih sangat muda, berwarna hijau kekuning-kuningan. Masih sangat empuk dan sangat mudah rusak.

Rupanya istilah primordial juga saya temukan saat belajar PMP, yaitu sikap primordialisme. Guru saya menjelaskan bahwa sikap primordialisme adalah sikap yang mementingkan golongannya sendiri, sikap kesukuan, ras, dan agama. Guru saya menjelaskan agar kita bangsa Indonesia menjauhi sikap primordialisme itu, karena jika kita mengedepankan sikap primordialisme dapat mengancam keutuhan NKRI.

Primordial dan sikap primordialisme memiliki satu kesamaan, bahwa keadaan primordial dan sikap primordialisme merupakan satu bentuk dan kondisi yang rapuh, rawan kerusakan oleh berbagai faktor penekan.

Apakah keadaan bangsa dan masyarakat Indonesia masih dalam kondisi primordial, atau masih adanya sikap primordilisme?

Barangkali kita perlu merenungkan sejenak keadaan bangsa dan masyarakat kita,- Indonesia. Kita masih mudah mengambil sikap tidak menerima perbedaan, masih suka mengedepankan kepentingan golongan sendiri. Masih suka menganggap masyarakat dari golongan yang berbeda menjadi sebuah ancaman. Padahal seharusnya, justru karena berbeda itu kita menjadi kaya dan kuat. Bayangkan seandainya rumah yang kita bangun adalah tiang semua, atau pintu semua, atau genteng semua....!

Sikap primordialisme adalah ancaman bagi kelangsungan eksistensi negeri!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL