PAHLAWAN

SEMANGAT PAHLAWAN

Tak terbayangkan olehku, betapa heroiknya para pahwalan tempo dahulu tat kala bangsa kita sedang berusaha membebaskan diri dari belenggu penindasan penjajahan. sebuah upaya dengan segenap pengorbanan harta benda, jiwa dan raga demi bumi pertiwi. Tidak menghitung untung rugi, hanya satu tujuan: MERDEKA!

Kala itu, semangat persatuan begitu diagungkan. Semangat bela rasa dan bela bangsa begitu menggebu. Rawe-rawe rantas, malang-malang tuntas! dengan satu pekikan: MERDEKA ATAU MATI.

Saatnya kini, setelah bangsa kita merdeka. Setelah kita hidup bebas sekian tahun lamanya. Adakah semangat menggebu para pahlawan masih tersisa?

Ironis. Bahwa kita saat ini justru terbelenggu oleh rasa ingin menindas. Masih mengedepankan nafsu berkuasa. Bahkan ada yang ingin meniadakan bagian-bagian yang berbeda, pada hal kita dibangun oleh kebhinnekaan.

Ironis. Ketika dahulu para pahlawan rela berkorban demi kesatuan dan terbebasnya bangsa dari penjajahan, justru kini kita rela mengorbankan saudara demi satu tujuan agar hanya golongan tertentu yang hidup sejahtera!

Para pahlawan, maafkan kami. Semoga ke depan kami rela berkorban sepertimu kalian, hanya demi bangsa yang merdeka. Merdeka secara rohani, demi Bhinneka Tunggal Ika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 57 FITNAH

PUISI 1 Tawuran

PUISI 35 SIAL